Pages

Senin, 27 Juli 2020

Organ Gerak Hewan Pembelajaran 6


Kelas 5
Pembelajaran Tema 1 : ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA
KD                              : Bahasa Indonesia 3.1, 4.1
                                      PPKn 1.1, 2.1, 3.1, 4.1
  IPA 3.1, 4.1
  IPS 3.1, 4.1
  SBdP 3.1, 4.1                         
Subtema 1                   : Organ Gerak Hewan
Pembelajaran 6           : IPA (KD 4.1)
                                      PPKn (KD 4.1)
Sumber                        : Buku Tema 1

IPA (KD 4.1)
Kamu telah mengenal beberapa jenis hewan vertebrata beserta organ gerak dan fungsinya. Sekarang buatlah model kerangka kuda dengan menggunakan kertas karton/ kardus. Buatlah semirip mungkin dengan bentuk aslinya.
Langkah-langkah kerja.
1. Siapkan alat dan bahan.
a. Kertas karton atau kardus tebal
b. Gunting
c. Pensil
d. Penghapus
e. Penggaris
2. Gambarlah pola pada kertas.
Buatlah pola per bagian sesuai dengan bagian-bagian tubuh hewan. Misalnya bagian kaki sendiri, bagian badan sendiri, dan lain- lain. Gambar pola akan sangat menentukan hasilnya. Jadi, gambarlah pola dengan bentuk dan ukuran yang tepat antarbagiannya agar pada saat mengggabungkannya nanti dapat menempel dengan baik dan menghasilkan bentuk hewan keseluruhan yang sesuai dengan aslinya.
3. Guntinglah kertas sesuai pola.
Arah guntingan harus tepat pada garis dan gambar pola yang telah dibuat.
4. Gabungkan bagian-bagian yang telah digunting menjadi sebuah model kerangka hewan.

Coba perhatikan contoh berikut.


PPKn (KD 4.1)
Buatlah sebuah video tentang Nilai-nilai yang Terkandung Dalam Pancasila (Materi di Pembelajaran 3)
Nilai-nilai yang Terkandung dalam Sila-sila Pancasila

1.      Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa
-          Memiliki ketakwaan pada Tuhan YME dengan cara melakukan perintahNya dan menjauhi laranganNya
2.      Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
-          Manusia memiliki hak dan martabat yang sama dan sejajar
-          Timbulnya pengakuan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang paling sempurna
-          Dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan akan mendapat perlakuan adil dari dan kepada manusia lain
-          Setiap manusia memiliki rasa solidaritas dan tenggang rasa yang tinggi sehingga mereka tidak bisa bertindak seenaknya sendiri
3.      Nilai Persatuan Indonesia
-          Menenmpatkan kepentingan, keselamatan, persatuan dan kesatuan bangsa diatas kepentingan diri sendiri dan golongan
-          Mempunyai rasa cinta tanah air, bangsa serta negara dengan cara rela berkorban demi kepentingan bangsanya sendiri
4.      Nilai Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
-          Rakyat Indonesia merupakan warga negara yang memiliki hak, kewajiban dan kedudukan yang sama
-          Mengutamakan segala kepentingan bersama dan kepentingan bangsa melebihi kepentingan diri sendiri dan golongan
5.      Nilai Keadilan Bagi Seluruh Rakyat indonesia
-          Semua manusia memiliki derajat yang sama di mata hukum
-          Mencintai segala jenis pembangunan demi kemajuan bangsa
-          Adil dan bijaksana dalam segala tindakan


Tiap anak mewakili 1 sila disesuaikan dengan no absen siswa.

Absen 1 = sila 1
Absen 2 = sila ke 2
Absen 3 = sila ke 3
Absen 4 = sila ke 4
Absen 5 = sila ke 5
Absen 6 = sila 1
Absen 7 = sila ke 2
dan seterusnya




1.      Gambarlah sesuai dengan lambang pada sila Pancasila.
2.      Tunjukan hasil gambar siswa sambil menyebutkan Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Pancasila
3.      Videokan kemudian kirim video ke WA bapak / ibu guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar